PARTNER ANDA DALAM MEMBANGUN OBSERVATORIUM DAN PLANETARIUM DI INDONESIA.

BINTANG ARENG yang dikenal dengan BINAR adalah perusahaan penyedia peralatan dan perlengkapan Astronomi di Indonesia. Keahlian kami dalam membangun Observatorium dan Mushollatorium IMAHNOONG telah menjadikan kami mampu berpartisipasi dalam pembangunan observatorium dan planetarium di sekolah dan universitas di seluruh Indonesia

TENTANG KAMI

Dengan berbekal pengalaman dan pengetahuan di bidang Astronomi, CV. Bintang Areng (BINAR) didirikan untuk dapat menjadi MITRA DALAM PENDIDIKAN DAN PENELITIAN (utamanya) di Bidang Astronomi. Sejak didirikan pada tahun 2012, BINAR telah terlibat dalam sejumlah pemenuhan kebutuhan akan instrumen Astronomis di sejumlah Instansi, sekolah di INDONESIA. Pada tahun 2013, mulai merintis workshop untuk pembangunan backyard observatory dan Mini Planetarium (Mushollatorium) di IMAHNOONG. Berbekal pengalaman tersebut kini BINAR telah terlibat dalam pembangunan sejumlah Observatorium dan Planetarium di INDONESIA.

Menjelajahi Hasrat Tak Terbatas untuk berkembang dan Eksplorasi Langit yang Luas nan Jauh.

Memandang langit telah menghantarkan manusia pada pemahaman akan asal usul alam semesta.  Keindahan Langit akan semakin terlihat ketika menggunakan perangkat astronomis yang memadai. Hubungi kami terkait peralatan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

INSTALASI

MITRA SUPLIER

LAYANAN KAMI

Berbekal pengalaman dibidang Astronomi lebih dari 10 tahun dan jejaringan bisnis observatorium-planetarium di Indonesia, kami mampu memberikan layanan mulai dari perencanaan, pemenuhan, pembangunan dan perawatan instrumen dan fasilitas Astronomis yang Anda.

Penyuplai Instrumentasi Astronomi

Kami distributor sejumlah peralatan Astronomis seperti teleskop, mounting, digital detektor, filter astronomis dll. Hubungi Kami untuk kelengkapan yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pembangunan Observatorium

Observatorium sebagai tempat pengamatan memerlukan persiapan lokasi dan struktur yang perlu disesuaikan.  Hubungi Kami untuk perencanaan dan realisasi Observatorium Anda

Pembangunan Planetarium

Planetarium terdiri dari sejumlah kelengkapan yang perlu disinkronkan oleh bangunan. Hubungi Kami untuk perencanaan dan realisasi Planetarium Anda

Perencanaan Fasilitas | Pemilihan Peralatan | Integrasi Sistem | Pelatihan | Pengembangan Program | Manajemen Observatorium & Planetarium

Perencanaan Fasilitas

Seringkali observatorium & Planetarium dibangun tanpa masukan dari pengguna akhir. Keduanya mempunyai kebutuhan yang sangat spesifik yang umumnya tidak disadari oleh arsitek dan kontraktor pada tahap awal pengembangan dan desain proyek. Topik seperti pencahayaan yang tepat, kebutuhan kelistrikan, dan HVAC sering kali diperlakukan sama seperti bangunan lainnya, padahal pada kenyataannya terdapat permasalahan khusus untuk masing-masing bangunan yang perlu dipertimbangkan dan ditangani agar proyek dapat berhasil sukses.

Pemilihan Peralatan

Teknologi telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan intrumentasi observasi yang lebih besar dan kamera yang canggih. Izinkan kami memandu Anda menuju perlengkapan yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Kami dapat memberikan saran pada setiap aspek perangkat keras dan perangkat lunak yang terkait proyek Observatorium dan Planetarium Anda yang cocok untuk fasilitas Anda yang ditujukan untuk penggunaan publik atau penelitian tingkat lanjut.

Integrasi Sistem

Jika Anda telah membeli peralatan atau telah menggunakan layanan Kami untuk menentukan dan membeli peralatan, kami dapat menyediakan layanan untuk memasang segala sesuatu di bangunan Anda dengan penyesuaian dan penyelesaian khusus. Integrasi dapat berkisar dari hanya menyatukan semua bagian besar untuk Anda dan membiarkan Anda melakukan sisanya atau menyelesaikan integrasi sistem dari ujung ke ujung. Untuk kasus selanjutnya, hal ini termasuk memasang perangkat keras, komputer, perangkat lunak, kamera, membangun dan merutekan kabel khusus, memasang sistem pemantauan cuaca, sistem pemantauan jarak jauh, dan menyiapkan sistem otomatisasi.

Pelatihan

Observatorium & Planetatrium yang sepenuhnya otomatis adalah sistem yang sangat rumit. Ada banyak perangkat keras dan perangkat lunak yang harus berinteraksi dengan sempurna agar dapat beroperasi sepanjang waktu, dan kemudian dimatikan dengan aman. Kami melakukan pengujian ekstensif untuk menemukan kombinasi terbaik antara perangkat keras dan perangkat lunak untuk membangun sistem yang andal secara konsisten. Kami dapat memberikan pelatihan ekstensif di lokasi dan jarak jauh serta prosedur pengoperasian khusus yang dibuat untuk Anda.

Pengembangan Program

Bangunan observatorium dan planetarium menyediakan alat yang luar biasa bagi sekolah, institusi, atau bahkan individu untuk menjangkau masyarakat dan mempengaruhi pikiran anak muda. Kamidapat memberikan panduan tentang cara mengkonfigurasi observatorium/planetarium dan peralatan Anda agar sesuai dengan kebutuhan program pendidikan dan penelitian Anda.

Manajemen Fasilitas

Jika Anda sudah memiliki observatorium jarak jauh atau baru saja memasangnya tetapi Anda tidak punya waktu untuk memastikan observatorium tersebut beroperasi setiap malam cerah sepanjang tahun, Kami dapat membantu Anda mengelola operasi dan data langit malam memastikan Anda memaksimalkan waktu langit Anda. 

PROSES PENGERJAAN

PEKERJAAN KAMI

#25 PLANETARIUM JAGAD RAYA-TENGGARONG - KALIMANTAN TIMUR

Planetarium Jagad Raya Tenggarong terletak di Jalan Diponegoro, Tenggarong, Kutai  Kartanegara, Kalimantan Timur. Diresmikan 16 April 2003. Penggantian sistem lama dengan DIGISTAR7 dilakukan di bulan Desember 2023 lalu, guna memberikan suguhan yang lebih baik untuk masyarakat.

Instalasi-Projector-1-1
#24 POB CIBEAS PELABUHANRATU
SUKABUMI - JAWA BARAT

Pembangunan POB Cibeas Pelabuhanratu dilaksanakan pada tahun 2023 di Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Observatorium ini menggunakan dome dengan tipe ScopeDome 3M-No Door.

#23 OBSERVATORIUM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Pembangunan TWIN DOME Pusat Observatorium UNISMUH di menara IQRA lantai 18 Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, diresmikan pada hari Rabu, 22 Maret 2023. bersamaan dengan peresmian dilakukan penamatan hilal awal ramadhan 1444H.

#22 OBSERVATORIUM UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN, JAWA BARAT

Pembangunan Obsevatorium UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, dilaksanakan pada tahun 2022 di Kampus 2 UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Sukajaya, Kec. Curug, Kota Serang, Banten 42171.

Observatorium ini menggunakan kubah dengan tipe ScopeDome 3M Ver 3.0 with door – full automatication.

#21 POS OBSERVASI BULAN
SYEKH BELA-BELU, YOGYAKARTA

Pos Observasi Bulan Bukit Syekh Bela-Belu, terletak di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Pos Observasi Bulan(POB) Syekh Bela Belu ini diresmikan pada tahun 2021.

#20 OBSERVATORIUM IAIN MADURA,
PAMEKASAN - JAWA TIMUR

Pembangunan Observatorium IAIN Madura dilakukan tahun 2019 di Kampus IAIN Madura Jl. Raya Panglegur Km. 4 Pamekasan Jawa Timur. 

Pada tahun 2022, observatorium tersebut diinstalasi ulang menggunakan mesin penggerak berupa Arduino Card untuk memudahkan pengoperasian kubah secara otomatis.

#19 KUBAH OBSERVATORIUM IMAHNOONG, LEMBANG - JAWA BARAT

Pada tahun 2022, Imahnoong kembali membangun ulang sebuah observatorium dari model awal atap double slidingroof menjadi observatorium atap kubah setengah bola dengan jendela buka tutup berukuran diameter 2.4m.

#18 OBSERVATORIUM UNISBA,
BANDUNG - JAWA BARAT

Observatorium Universitas Islam Bandung merupakan project yang dilaksanakan pada tahun 2021 dengan menggunakan kubah berukuran 3m.

Observatorium ini terletak di Jl. Tamansari No.1, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116.

#17 OBSERVATORIUM HILAL
Tgk. CHIEK KUTA KARANG LHOK NGAH - ACEH

Pembangunan Observatorium ini dilaksanakan pada tahun 2021 dengan menggunakan kubah berdiameter 3m.  Observatorium ini hasil kerjasama CV. Bintang Areng, Kementerian Agama Provinsi Aceh dan CV. Kurnia Perkasa.

Observatorium ini beralamat di Jl. Banda Aceh Meulaboh, Km. 14.5, Desa Mon Ikeun Kecamatan Lhokngah, Kab. Aceh Besar.

#16 PLANETARIUM UIN WALISONGO, SEMARANG - JAWA TENGAH

Project pembangunan Planetarium UIN Walisongo Semarang dilaksanakan tahun 2019 hingga 2021 di Kampus 3 UIN Walisongo, Jl. Prof. Dr. Hamka No. 3-5 Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, dan merupakan planetarium perguruan tinggi keagamaan Islam negeri yang pertama di Indonesia. 

Planetarium ini berdiameter 18m dengan menggunakan sistem Digistar 6. Dilengkapi dengan 190 kursi yang didesain sedemikian rupa untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung saat menikmati suasana penjelajahan di luar angkasa.

#15 OBSERVATORIUM UIN WALISONGO, SEMARANG - JAWA TENGAH

Project pembangunan Observatorium UIN Walisongo Semarang dilakukan pada tahun 2020 dengan menggunakan kubah berdiameter 4m. Observatorium ini terletak di gedung yang sama dengan Planetarium UIN Walisongo.    

#14 PLANETARIUM UIN MATARAM,
NUSA TENGGARA BARAT

Planetarium UIN Mataram dibangun pada tahun 2020 di Jl. Gajah Mada no. 100, Jempong Baru, Kec. Mataram, Kota Mataram, NTB. Planetarium ini menggunakan kubah berukuran 5m dan dilengkapi teknologi digital terbaik.

#13 OBSERVATORIUM LAPAN TILONG, KUPANG - NUSA TENGGARA TIMUR

Poject pembangunan Instalasi Observatorium LAPAN Tilong  ini dilakasanakan pada tahun 2019 dengan menggunakan kubah berjenis Clamshell. BINAR memindahkan Clamshell  dan Teleskop 50cm dari Bandung ke lokasi baru di Tilong.

Kubah tilong
mataram 4
#12 OBSERVATORIUM UIN MATARAM,
NUSA TENGGARA BARAT

Project pembangunan Observatorium Ilmu Falak UIN Mataram, dilaksanakan pada tahun 2019. Observatorium terletak di Jl. Gajah Mada no. 100, Jempong Baru, Kec. Mataram, Kota Mataram NTB.

Observatorium ini menggunakan kubah berukuran 3m yang dilengkapi dengan teleskop GSO 12″ dengan mounting iOptron CEM 120. 

#11 OBSERVATORIUM IAIN BUKITTINGGI, SUMATRA BARAT

Pembangunan Observatorium IAIN ini dilaksanakan pada tahun 2019 di Bukittinggi, Sumatra Barat.

IAIN Bukittinggi
UAD_Obs
#10 OBSERVATORIUM UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN - YOGYAKARTA

Observatorium UAD dibangun pada tahun 2018 di atas ketinggian 41.3m atau tepatnya di lantai 10 dan 11 Kampus 4 UAD. Pada Observatorium ini, kami berkontribusi sebagai penyedia peralatan astronomi penunjang lainnya berupa Teleskop Planewave CDK 17 dengan L-500 Direct Drive Mount.

#9 OBSERVATORIUM LAPAN BANDUNG,
JAWA BARAT

Project Instalasi Observatorium LAPAN Bandung dilaksanakan pada tahun 2018. Observatorium ini menggunakan kubah NexDome berukuran 2.2m. 

Nex Dome
#8 OBSERVATORIUM CASA ASSALAAM, SUKOHARJO - JAWA TENGAH

Observatorium Casa Assalaam terletak di Komplek PPMI Assalaam No. 3 Kecamatan Kartasura Kab. Sukoharjo Jawa Tengah. Project instalasi Teleskop pada Observatorium ini dilaksanakan pada tahun 2018 dengan tipe teleskop GSO 12″.

#7 OBSERVATORIUM IAIN MANADO, SULAWESI UTARA

Pembangunan Observatorium IAIN Manado ini dilakukan pada tahun 2018 di Jl. Manguni Raya, Malendeng, Kec. Tikala, Kota Manado, Sulawesi Utara 95000. Observatorium ini dilengkapi dengan sebuah kubah ScopeDome 3M Ver 3.0 with door.

IAIN MANADO
observatorium winaya
#6 OBSERVATORIUM WINAYA SMA BPI 1 BANDUNG - JAWA BARAT

Proses pembangunan Observatorium Winaya SMA BPI 1 Bandung ini dilaksanakan dari tahun 2016 hingga tahun 2017. 

Observatorium ini dibuat dengan sistim Sliding-Roof berukuran 3X12M yang dilengkapi dengan motor penggerak kubahnya.

#5 eMAYA LAB. ANTARIKSA SMA ASTHA HANNAS, SUBANG -
JAWA BARAT

eMAYA Space Laboratory dibangun di SMA ASTHA HANNAS Subang di tahun 2019.

13988038_10154600867019059_8629197895405178393_o
#4 OBSERVATORIUM IMAHNOONG
(SAUNG NOONG II), LEMBANG

Saung Noong II merukapan Observatorium ke-2 di Imahnoong dengan sistem Sliding-Rooff berukuran 1,5x2M. Observatorium ini dibangun pada tahun 2016.

#3 OBSERVATORIUM ILMU FALAK (OIF) Univ. Muhamadiyah Sumatra Utara
MEDAN - SUMATRA UTARA

Pembangunan Observatorium Ilmu Falak UMSU ini dilaksanakan pada tahun 2019 di Jl. Denai No. 217, Kec. Medan Denai, Medan, Sumatera Utara. Atau tepatnya di Gedung Pasca Sarjana UMSU Lt. 7

Observatorium OIF UMSU
10636467_10153005142959059_5781682617710388841_o
#2 OBSERVATORIUM BPTIK DIKBUD
PROVINSI JAWA TENGAH - SEMARANG

Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) DIKBUD Provinsi JATENG ini menggunakan rumah teleskop dengan sistem Sliding-Roof yang disesuaikan dengan lingkungan pemasangan teleskop.

#1 IMAHNOONG
LEMBANG - BANDUNG BARAT

Observatorium Imahnoong ini didirikan pada tahun 2013 di Kp. Areng No. 31 RT 02 RW 12 Wangunsari-Lembang. Observatorium ini dibangun dengan sistem Sliding-Roof berukuran 3x4m dengan atap yang bisa dibuka maupun ditutup secara otomatis.

LOKASI KAMI